Terjemahan Silent Separation Ch. 5

Bab 5: Reminiscence
Selama beberapa hari ke depan, Mo Sheng terus melakukan perjalanan untuk mengambil gambar sehingga dia tidak mendengar apa-apa lagi tentang wawancara dengan Tao Yi Jing. Dia sudah berbicara dengan Lao Bai untuk mengubah pekerjaan sehingga dia tidak akan ada hubungannya dengan itu lagi.

Pemotretan selesai relatif lancar hari itu. Dengan demikian, Mo Sheng kembali ke kantor lebih awal. Ketika ia mencuci tangan di toilet, ia ditarik ke samping oleh Ah Mei dan beberapa rekan wanita untuk menggosip.

“Ah Sheng, wawancara pria elit kamu mungkin tidak diteruskan.”

“Mengapa?”

“Tao Yi Jing bahkan tidak bisa bertemu subjeknya yang terkenal dan langsung ditolak. Dia menjadi bahan tertawaan sekarang. Awalnya, dia berbicara dengan begitu banyak kesombongan tapi sekarang dipermalukan. “Nada Ah Mei terdengar sedikit seperti dia bersukacita dalam kemalangan orang lain.

“Ya ah, aku mendengar dia menelepon law firm, tapi  dijawab oleh asistennya, yang memberi alasan bahwa pengacara He sakit.”

“Sakit?” Awalnya, Mo Sheng hendak berjalan keluar, tapi ketika dia mendengar ini, dia berhenti berjalan, “Apakah itu benar?”

“Hal ini tentu salah. Aku melihat dia di program TV kemarin. ”

Program tersebut biasanya direkam dulu. Jadi Yi Chen benar-benar sakit?

Dia masih merasa gelisah sambil duduk di kantor. Kemudian, dia tertawa sendiri. Zhao Mo Sheng, dalam kapasitas apa, kamu menunjukkan perhatian padanya sekarang? Mo Sheng mengejek dirinya berulang kali.

“Ah Sheng, telepon untukmu!” Lao Bai mentransfer telp untuk dia, “Orang ini tampaknya telah menelpon dua kali di pagi hari.”

“Oke, aku akan menjawabnya. ” Mo Sheng mengangkat telepon: “Halo, apa kabar?”

“Apakah kamu Zhao Mo Sheng?” Suara lembut seorang pria bergema dari ujung telepon, “Saya Xiang Heng.”

Dia bertemu dengan Xiang Heng di sebuah kafe yang dengan nama ‘Silent World’ yang terletak di sisi timur kota.

Setelah sempat saling menyapa, Xiang Heng mengatakan: “Tidak mudah mencari kamu, tapi untungnya Yi Chen menyebutkan kamu bekerja sebagai fotografer di penerbit majalah.”

Melihat Mo Sheng menatapnya dengan wajah tertegun, Xiang Heng tersenyum: “Ekspresi apa itu? Apakah sangat aneh Yi Chen menyebut  kamu? Sebenarnya, Yi Chen tidak mengatakan apa-apa, tapi itu Lao Yuan, seorang pria gosip setengah baya. Oleh karena itu, sedikit informasi digali …… “Untuk beberapa alasan, Xiang Heng menjadi tidak nyaman.

Pelayan datang dan menyerahkan menu.

Setelah memesan minuman, Xiang Heng mulai berbicara tentang topik utama: “Kamu mungkin merasa sangat aneh bahwa saya meminta kamu bertemu.”

Memang, sangat aneh. Meskipun Mo Sheng tahu pria elegan dan sopan ini di depannya, ia bukan teman dekat. Untuk waktu yang sangat lama, kesan nya dia itu hanya sebagai “teman sekamar Yi Chen.” Dia bahkan tidak ingat namanya  dengan jelas. Sampai suatu hari, ia mengikuti orang-orang dari asrama untuk makan hot pot. Itu suatu keharusan untuk membawa mitra untuk pertemuan itu. Pada akhirnya, hanya Xiang Heng datang sendirian. Ada orang yang menggodanya dengan mengatakan: ” Xiang Heng, bahkan He Yi Chen sudah diambil, berapa lama kamu ingin tetap single?”

Xiang Heng menghela napas dan berkata: “Sangat mudah bagi kamu berkata, tapi di mana saya menemukan  Zhao Mo Sheng yang berani dan gigih untuk mengambil saya?” Xiang Heng melirik Mo Sheng dan mengatakan itu dengan bercanda.

Sayangnya, Yi Chen membuat situasi lebih buruk dengan mengatakan: “. Jika kamu mau, maka aku akan memberikannya untukmu jadi hidup saya bisa lebih tenang”

Dia duduk di sampingnya dan merasa kasihan pada dirinya. Dia bahkan tidak mengatakan apa-apa, namun bencana turun dari surga (kesulitan tak terduga). Kelompok ini adalah dari Fakultas Hukum, semua terkenal karena lidah beracun mereka.

Setelah itu, ia teringat Xiang Heng.

Melihat Mo Sheng sedikit bingung, Xiang Heng tiba-tiba berbicara: “Sebenarnya, aku selalu bingung, mengapa kamu bisa menjadi pacar Yi Chen selama kuliah. Kamu harus tahu saat itu, ada banyak gadis yang lebih cantik, lebih cerdas dan lebih luar biasa dari kamu yang juga menyukai Yi Chen. ”

Mo Sheng tidak tahu mengapa ia tiba-tiba menyebutkan masa lalu sehingga dia tetap tenang dan mendengarkan apa lagi yang dia katakan.

Dia mulai mengenang: “Pada waktu itu, salah satu hiburan di asrama kami taruhan siapa gadis yang akhirnya akan bisa mendapatkan Yi Chen. Suatu malam setelah lampu padam, kami mulai ribut taruhan lagi. Seseorang bertaruh pada salah satu gadis tercantik di fakultas kami. Orang lain bertaruh pada seorang gadis berbakat yang mengambil bagian dalam kompetisi debat dengan He Yi Chen, dan saya pikir saya bertaruh pada seorang gadis dari Fakultas Bahasa Asing. ”

Dia tersenyum dan ingat hari-hari sembrono saat muda: ‘Yi Chen selalu menerapkan kebijakan ‘tiga tidak’ pada kegiatan semacam ini. Tidak setuju, tidak memperhatikan dan tidak berpartisipasi’. Dia akan membaca buku-bukunya, tidur dan biarkan kami membuat lelucon dan kebisingan. Namun, satu waktu, setelah kami telah menempatkan taruhan kami, dia tiba-tiba berkata – “Saya bertaruh pada Zhao Mo Sheng, ‘” Xiang Heng menatapnya, “Itu adalah pertama kalinya saya mendengar namamu”.

Itulah alasan mengapa setelah itu, seseorang mulai menyebarkan rumor bahwa dia adalah pacarnya. Yi Chen tidak pernah menyebutkan ini.

“Kamu bisa membayangkan bagaimana penasaran kami tentang kamu. Kemudian, kami bahkan lebih terkejut ketika kami bertemu kamu. Yi Chen selalu memiliki kemantapan dan ketenangan di luar usianya. Dalam kesan kita, pacarnya juga harus matang dan masuk akal, tapi kamu … .. “kata Xiang Heng implisit,” bukan yang kami harapkan. ”

“Jujur, pada awalnya saya tidak optimis tentang hubungan kamu, namun secara bertahap Yi Chen adalah sama seperti anak  normal besar yang berusia dua puluh tahun. Dia sering marah karena kamu. Dia juga bisa menjadi sangat bahagia dan akan melakukan apa yang kita minta dan mencuci pakaian semua orang di asrama. Hmmm, itu terjadi pada hari ulang tahunnya …… ”

Hal semacam ini terjadi pada Yi Chen? Tak dapat dipercaya.

Pada hari ulang tahunnya, ia mencari di seluruh kota namun dia tidak bisa menemukan hadiah ulang tahun yang memuaskan untuk dibeli. Akibatnya, ia hanya bisa muncul jam sepuluh lebih malam itu, kelihatan sangat lelah di bawah asrama untuk mengucapkan selamat ulang tahun dengan tangan kosong.

Yi Chen bertanya dengan wajah lurus: “kamu  pergi kemana hari ini? Dimana hadiahku? ”

Tentu, dia tidak bisa memberi hadiah. Yi Chen dengan keras melotot padanya untuk waktu yang lama dan akhirnya berkata dengan kekalahan: “Lupakan tentang hal itu. Tutup matamu!”

Dia menutup matanya. Kemudian, ia menunduk ke bawah dan menciumnya. Itu ciuman pertama mereka.


Dia masih bisa ingat setelah ia membuka matanya, ia bertanya dengan bodoh : “Yi Chen, hari ini bukan untuk merayakan ulang tahunku.”

Tangan Mo Sheng memegang secangkir kopi terguncang sedikit, dan dia meletakkannya kembali di atas meja.

Mengapa orang ini ingin menyebutkan begitu banyak hal dari masa lalu? Dapatkah dia berhenti bicara ah?

“Masalah yang kamu katakan saya perlu tahu apakah ini?” Dia menyela.

Xiang Heng berhenti, wajahnya pucat. Dia menatapnya untuk waktu yang lama, perlahan-lahan menggelengkan kepala dan berkata: “Zhao Mo Sheng, kamu benar-benar kejam.”

Ya, ah, dia bisa kejam kepada semua orang.

Xiang Heng tidak mengatakan apa-apa lagi. Dia mengambil pena dan kertas untuk menulis dua baris kemudian menyerahkannya kepadanya. Mo Sheng mengambil kertas itu dengan nama rumah sakit dan nomor bangsal  tertulis di atasnya.

Apa ini?

“Dengan gaya kerjanya, kematian prematur tidaklah mengherankan, belum lagi  pendarahan perut yang ‘tidak penting’.” Suara Xiang Heng yang selalu ringan dan lembut tapi sekarang berubah dingin, “Saya sudah memberikan alamat rumah sakit. Apakah akan pergi atau tidak itu adalah urusanmu. Saya tidak tahu apa yang terjadi diantara kalian berdua, tetapi Zhao Mo Sheng! “Suaranya penuh kecaman,” Seseorang tidak bisa terlalu egois! ”

Setelah dia selesai berbicara, ia membayar tagihan dan pergi. Mo Sheng duduk di sana, terkejut dengan sepotong berita ini. Dia menggenggam erat  potongan kertas di tangannya menjadi bola. Meskipun kukunya yang tidak panjang, itu masih cukup menyakitkan ketika mereka menusuk ke dalam daging, tapi dia tidak sadar. Perdarahan perut, sakit, Yi Chen …… karena ah dia? Memang, karena dia?

Kopi sudah dingin. Mo Sheng membuka pintu kafe, dan dia tidak tahu kapan mulai turun hujan di luar. Bagaimana bisa hujan pada saat ini lah? Khususnya, hujan lebat.

Anehnya, ia berhasil mendapatkan taksi dengan mudah. Sopir adalah seseorang yang terlalu antusias. Setelah mendengar kemana dia ingin pergi, ia mulai terus-menerus mengajukan pertanyaan.

“Miss, apakah teman Anda sakit?”

“Miss, kau masih belajar atau bekerja?”

“Miss ……”

“Miss ……”

Mo Sheng menjawab “ah” dan “oh” dan melihat ke luar jendela taksi. Apa yang dikatakan sopir masuk ke telinga tuli karena dia tidak memperhatikan. Pemandangan luar satu persatu melintas di depan matanya, tapi dia tidak melihat apa-apa. Anehnya, tidak ada lampu lalu lintas berwarna merah sepanjang jalan sehingga ia tiba di rumah sakit sangat cepat. Dia juga menemukan bangsal Yi Chen dengan sangat mudah. Ketika dia sedang berdiri di depan pintu, tangannya terasa sangat berat, dia tidak bisa mengangkat tangannya untuk mengetuk.

Tapi haruskah ia pergi? Kakinya juga merasa sangat berat, dia tidak bisa mengangkat kakinya untuk bergerak.

Ada satu saat, ia benar-benar berpikir dia akan berdiri di sana selamanya, tidak berani mendekati tetapi juga tidak bisa pergi. Bahkan ketika alam semesta banjir, laut kering dan batu-batu menjadi lembut (sampai akhir waktu), ia selamanya akan berdiri di luar pintu.

Tapi bagaimana mungkin ada selamanya? Jika itu dimaksudkan untuk datang, akhirnya akan datang, tidak peduli apa yang orang akan lakukan untuk menghindarinya. Pintu ditarik terbuka dari dalam, tapi dia tidak bisa menghindar tepat waktu sehingga dia berdiri menghadap orang itu.

Yi Mei.

Ada orang yang kita ditakdirkan untuk bertemu, apalagi alasan yang selalu sama, seperti Yi Mei dengannya.

Kemudian, Mo Sheng selalu bertanya-tanya, bagaimana perasaan gadis lembut seperti air dan indah bagai puisi rasakan ketika pria yang dicintainya memperkenalkannya kepada orang lain, “Ini adalah adikku”? Pada saat itu, dia berkulit tebal dan memperkenalkan dirinya, “Saya pacar saudaramu”. Yi Chen tidak membantahnya jadi bagaimana menyakitkannya pastinya untuknya.

Dia melihatnya dan benar-benar tersenyum lembut padanya. Berapa banyak duka dan sedih tersembunyi di balik senyum itu?

Hei! Yi Mei, Yi Mei, lama tidak bertemu.

“Mo Sheng, akhirnya bertemu kamu lagi.”

Ya ah, akhirnya.

“Apakah kamu di sini untuk mengunjungi Yi Chen ah?” Tanya Yi Mei, “Dia hanya tertidur. Jika kamu punya waktu, bisakah menemaniku ke rumahnya? Aku ingin membantu dia mengambil beberapa kebutuhan sehari-hari. ”

Mo Sheng ragu-ragu sejenak, lalu mengangguk kepalanya: ” Oke”

“Dia  …… apakah baik-baik saja?”

“Iya . Dokter mengatakan semua akan baik, asalkan banyak istirahat dan memperhatikan pola makannya. ”

“Itu bagus.” Kata Mo Sheng dengan suara rendah.

Mereka berbicara tentang situasi mereka saat ini sementara dalam perjalanan ke rumah Yi Chen. Yi Mei mengatakan: “Sebenarnya, aku ingin mencari kamu sebelumnya, tapi tiba-tiba perusahaanku mengirim bepergian jadi aku sudah sangat sibuk. Tidak mudah bagiku untuk melakukan perjalanan kembali, tapi Yi Chen tiba-tiba jatuh sakit. Aiya, aku akhirnya mengalami penderitaan seorang wanita karir. ”

Mo Sheng mengatakan: “Aku tidak menduga kamu menjadi seorang wanita karir yang sukses.”

“Apakah kau tidak juga sama? Pada saat itu, kamu akan menggunakan kamera untuk mengambil gambar apa pun.Aku tidak menduga kamu menjadi fotografer. ”

Mo Sheng mulai tertawa: “Saya masih hanya mengambil gambar dari apa saja sekarang”

Yi Mei juga tertawa: ” Jika bos mendengar apa yang kamu katakan, dia akan marah …… Kita telah sampai, itu ada di sini” Dia berhenti berjalan dan mengambil kunci untuk membuka pintu. Mo Sheng juga berhenti sejenak dan mengikutinya ke dalam.

Rumah Yi Chen terletak di lantai 12 dari daerah perumahan premium di sisi barat kota. Rumah itu sangat besar tapi tampak sangat kosong. Tidak ada hal-hal yang tidak perlu tetapi hanya beberapa majalah terbuka di meja kopi, yang membuatnya terlihat seperti seseorang tinggal di sini.

“Dalam beberapa tahun terakhir, semua orang sibuk jadi kami hanya sesekali bertemu.” Yi Mei berbicara sementara mengemas barangnya. Ketika dia membuka kulkas, dia tak berdaya menggeleng, “Tidak ada apa-apa. Dia mungkin adalah orang yang paling tidak mampu untuk mengurus dirinya sendiri di dunia. Terakhir kali aku datang, aku benar-benar melihat dia makan mie instan. Itu adalah mie terakhir jadi aku menyeretnya ke supermarket, tapi aku tidak menduga untuk bertemu kamu di sana. ”

Yi Chen selalu seperti ini. Bagaimana Mo Sheng tidak tahu lah? Dia selalu memiliki sesuatu yang lebih penting untuk dilakukan daripada makan. Satu-satunya cara untuk menangani orang jenis ini  adalah: “kamu tidak makan, aku juga tidak akan makan.”

“Oh, ya.” Yi Mei tiba-tiba berkata, “Aku akan segera menikah , kau tahu? Pengantin pria adalah atasanku, cerita ini seperti Cinderella. ”

Mo Sheng tertegun dan menatapnya: “kamu akan menikah? ”

“Ya, aku akan menikah.” Dia tersenyum, mengangguk dan meratap, “Di masa lalu, aku bodoh untuk mengatakan kata-kata itu padamu. Setelah itu, aku baru menemukan ada beberapa hal yang kita tidak bisa perjuangkan. Mengenai Yi Chen, aku sudah lama putus asa. ”

“Mengapa?”

 “Mungkin karena aku tidak bisa menunggu selama itu. Dia bisa terus menunggu tahun demi tahun dalam situasi hampir putus asa, sedangkan aku tidak bisa. “Yi Mei terdiam sejenak lalu berkata,” Sekitar tiga atau empat tahun lalu, ketika Yi Chen memenangkan kasus besar, aku pergi untuk merayakan dengan beberapa rekan-rekannya. Dia mabuk jadi aku mengantarnya pulang. Ketika aku bantu dia membersihkan setelah ia muntah, ia tiba-tiba memeluk saya dan terus bertanya, ‘Mengapa kamu tidak mau kembali? Aku siap meninggalkan semuanya, mengapa kamu masih menolak untuk kembali? ‘”

Yi Mei berhenti dengan senyum pahit: “Jika kata-kata itu tidak cukup untuk membuatku putus harapan …… kamu ikut saya.”

Dia mengajak Mo Sheng ke ruang studi, hanya memilih buku, beralih ke halaman tertentu dan menyerahkannya kepadanya: “Ini adalah sesuatu yang aku telah temukan, tidak hanya dalam buku ini ……”

Mo Sheng menatap puisi yang ditulis acak di halaman sebuah buku. Dari tulisan tangan yang tidak terbaca, adalah mungkin untuk membayangkan bahwa suasana hati orang yang pada saat menulis sudah pasti sangat marah dan sedih.

Setelah buku ditutup, ia tidak lagi memperhatikan apa yang Yi Mei masih katakan.

Dalam benaknya, suara merdu dan tertawa seorang gadis muda tampak melewati perjalanan dari ruang dan waktu yang jauh. “He Yi Chen, kamu masih tidak tahu namaku! Aku disebut Zhao Mo Sheng. Mo berarti diam dan Sheng adalah jenis alat musik (instrumen terbuat dari sejumlah pipa berlidah getar yang diletakkan secara vertikal ke dalam labu kecil berbentuk seperti mangkuk). Namaku bahkan memiliki asal. Itu berasal dari puisi Xu Zhimo ini …… ”

Ketenangan adalah musik perpisahan saya, untuk Cambridge malam adalah sunyi!

“Ketika kita masih muda, ibu Yi Chen sering menggendongku dan mengatakan akan lebih baik jika ia memiliki seorang putri sementara ibuku disampingnya akan mengatakan apakah kamu ingin menukar dua anak. Dari muda, Yi Chen selalu cerdas dan masuk akal. Ibuku mungkin suka dia lebih dari aku. “Dalam perjalanan kembali ke rumah sakit, Yi Mei berbicara tentang peristiwa masa lalu,” Sampai saat ini, aku masih ingat bagaimana rupa bibi , sayangnya …… ”

“…… Bagaimana orang tuanya meninggal?”

Yi Mei menggeleng dan berkata: “Aku tidak benar-benar tahu karena aku baru berusia sembilan tahun saat itu. Aku pikir itu adalah kecelakaan, paman terpeleset dan jatuh dari lantai empat. Kesehatan Bibi selalu buruk jadi karena berduka yang berlebihan, dia juga meninggal tidak lama kemudian. “Yi Mei tampaknya telah memikirkan sesuatu, berhenti sejenak lalu berkata,” Aku mendengar ibuku tidak sengaja menyebutkan sekali bahwa setelah kematian bibi ini, ditemukan dia tidak minum obat di laci yang seharusnya diminum. Oleh karena itu, hal itu juga dapat dianggap bunuh diri. ”

“Bunuh diri ?!” Mo Sheng tercengang. Pada saat itu, Yi Chen berumur sepuluh tahun jadi bagaimana dia bisa memiliki hati untuk melakukannya !?

 Yi Mei mengangguk :“Bibi mungkin sangat mencintai paman .” Dia tampak berpikir dan terus berbicara, “Sebenarnya, Yi Chen sangat mirip dengan bibi ……”

Sementara berbicara, mereka sampai di rumah sakit. Mereka bertemu perawat, yang tahu Yi Mei, di lorong dan dengan ramah berkata kepadanya: “Pacar Anda baru ganti infus IV dan tidur lagi”

Yi Mei mengucapkan terima kasih dan menjelaskan sambil tersenyum: “. Dia adalah saudara saya”

Ketika mereka berada di pintu, Yi Mei tiba-tiba memberi segala sesuatu di tangannya ke Mo Sheng: “kamu bawa mereka, aku tidak akan masuk la.”

Tidak ada banyak hal, namun Mo Sheng merasa barang di tangannya terlalu berat baginya untuk terus.

“Mo Sheng.” Kata Yi Mei, “Aku tidak kalah padamu, tapi aku kalah padanya.”

Mo Sheng melihatnya secara bertahap berjalan pergi, tapi ia tidak mengatakan apa-apa untuk membuatnya tinggal.


Voila… 2 chapters in a day. fuih…. it’s amazing. because i really like this chapter. it was really heartwarming reading. start from this chapter would be really great. ;P

Leave a Reply

